Contact online

Wednesday, October 15, 2014

8 Cara Meningkatkan Relationship Dengan Para Customer Anda Menggunakan SOSMED atau Sosial Media

Artikel ini akan menjelaskan tentang delapan cara bagi perusahaan untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada customer mereka dengan menggunakan sosial media dan juga sekaligus membangun hubungan yang lebih baik dengan para customer.
1. Pay it Forward

Hotel DoubleTree dikenal dengan kue/biskuit yang mereka sajikan ketika customer datang untuk check-in.

Pada hari perayaan Chocolate Chip Cookie setiap tahunnya, mereka tidak hanya menawarkan kue kepada siapapun yang mengunjungi salah satu dari sekian banyak hotel mereka, tapi juga mereka menggunakan sosial media untuk mengundang orang lain menyebarkan rasa cinta dengan bergabung dalam sosial media mereka dan ikut menjawab pertanyaan, “Who else deserves some Cookie Care?” di Facebook, Twitter, dan Instagram, termasuk bergabung dalam hastag #CookieCare
lite 96.9 post thanking doubletree

DoubleTree mengirimkan beberapa kaleng kue dan menghargai fans yang ikut bermain dengan permainan mereka di sosial media. Ini adalah cara yang bagus untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada banyak orang.
2. Berikan kembali

TOMS Shoes memiliki bisnis model One for One – artinya untuk setiap pasang sepatu yang anda beli, mereka akan mendonasikan sepasang sepatu lagi ke anak-anak yang membutuhkan. Visi ini sangat terkenal di kalangan customer mereka.

Untuk membesarkan awareness tentang dampak sepasang sepatu gratis bagi anak yang membutuhkan ini, TOMS menciptakan acara Satu Hari Tanpa Sepatu. Sekali setahun, TOMS mendorong semua orang untuk tidak menggunakan alas kaki sama sekali untuk “meningkatkan global awareness bagi kesehatan dan pendidikan anak-anak yang membutuhkan.”

Ketika perusahaan ini menanyakan customer mereka terkait hal ini, customer mereka menjawab dengan sangat antusias. Untuk menunjukkan rasa terima kasih, TOMS mengumpulkan footage dan gambar dari partisipan di seluruh dunia dan menampilkan semuanya dalam bentuk video ucapan terima kasih.

Dengan meng-highlight customer dan perbedaan yang mereka ciptakan, TOMS bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat kembali ke komunitas mereka.
3. Akui kesalahan anda

Zappos dikenal dengan pelayanan mereka yang sangat luar biasa bagus. Walaupun begitu, mereka tidak bisa terlepas dari suatu kesalahan. Ketika customer mereka ada yang tidak senang dan mereka mempostingnya di Facebook, Zappos meresponnya dengan cepat untuk meminta maaf dan memberikan sebuah kupon.
zappos customer reply on facebook

Tidak ada yang sempurna, tapi mengakui dan berkata “Kami meminta maaf!” adalah cara terbaik untuk menangani kesalahan dan menunjukkan kepada customer bahwa mereka adalah orang yang penting bagi perusahaan.

Kerendahan hati dan ketulusan bisa menunjukkan bahwa anda menghargai dan menghormati customer anda.
4. Ucapkan terima kasih

Perusahaan yang besar pun sangat kegirangan ketika mereka mencapai suatu pencapaian besar. Ketika brand fashion Burberry mencapai satu juta follower di Twitter, mereka mengirimkan kartu ucapan terima kasih berbentuk virtual ke 3.000 follower Twitter mereka.

Dan apa yang dilakukan oleh Burberry ada hasilnya. Sekarang follower perusahaan ini sudah melebihi angka tiga juta follower di Twitter.
burberry animated gif

Setiap ucapan terima kasih mereka buat satu per satu dan ditujukan untuk per individu, serta ditulis oleh Chief Creative Officer Burberry dengan gaya penulisan yang indah untuk menunjukkan betapa berharganya follower mereka.
5. Dorong customer untuk memberikan cerita pribadi mereka

Selama Olimpiade London 2012, P&G menciptakan Facebook Page “Thank You, Mom,” dan termasuk juga sebuah aplikasi yang memungkinkan user untuk meng-upload foto keluarga mereka dan menulis pesan ke ibu mereka.
pg thank you mom campaign

Kampanye P&G ini sangat menarik hati siapapun yang menyaksikannya karena begitu banyak orang yang memiliki cerita mereka sendiri tentang ibu mereka yang membuat perbedaan yang besar pada kesuksesan hidup mereka.

Memberikan tempat untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada publik atas semua yang telah dilakukan oleh ibu mereka memberikan orang rasa solidaritas yang besar. Dan P&G berhasil melakukan hal ini.
6. Respon secara personal

Honda mempunyai customer base yang loyal. Sama seperti perusahaan lainnya, Honda menghargai suatu loyalitas. Ketika mereka menciptakan kampanye #HondaLove dan mengundang customer untuk berbagi cerita dan foto Honda mereka di sosial media, mereka siap dan mau melakukannya.

Honda menemukan cara untuk mengucapkan terima kasih dengan suatu respon personal (manusia ke manusia, bukan auto-response).
honda customer appreciation tweets

Walaupun membutuhkan waktu untuk mengekspresikan rasa terima kasih dengan respon yang personal, Honda berhasil menunjukkan customer dan fans mereka bahwa Honda memang benar-benar mendengar dan tertarik dengan pengalaman dan kontribusi dari para customer.
7. Give a Shout-Out

Chrome Industries adalah perusahaan yang membuat messenger bags, backpack, dan gear lainnya untuk pesepeda “yang tinggal dan mengendarai sepeda di sekitar kota.” Perusahaan ini membutuhkan waktu untuk menemukan customer mereka yang loyal, lalu setelah itu mereka mengirimkan jersey Chrome Industries yang limited edition ke customer mereka untuk dipakai di sekitar kota ketika mereka sedang mengendarai sepeda.

Mereka menampilkan foto fans dan customer yang berbagi foto memakai jersey limited edition tersebut di akun Instagram mereka menggunakan hashtag #covetedjersey.
Delapan Cara 

http://delapan-cara.blogspot.com/

0 comments:

Search This Blog