Contact online

Friday, February 19, 2016

Mutasi

     Kira-kira dua bulan sebelum saya diwisuda pada bulan September tahun 2013, saya sudah dahulu bekerja diperusahaan swasta, Haldin Pacifik Semesta. Surat kelulusan atau SKL sudah ditangan saya waktu itu, sehingga Haldin menerima saya bekerja di sana sebagai staff produksi bagian liquid extract. Kesempatan menjadi supervisor produksi bagian liquid extract datang begitu cepat. Saya dipercaya menggantikan Pak Dimas setelah resign tepat pada Desember 2014. Tidak sedikit hal baru dan menantang yang harus saya hadapi sampai sekarang. Banyak mesin berukuran besar seperti robot-robot transformer yang wajib saya mengerti. Terlebih lagi Januari tahun 2015 lalu, Haldin mendatangkan banyak mesin baru seperti dua buah tangki ekstraktor berkapasitas 4.000 kg dengan sistem semi-otomatis yang dilengkapi dengan hot water tank berukuran 200 l. Satu buah mesin sentrifuge yang digunakan untuk menjernihkan raw ekstrak (hasil ekstrak) teh dan kopi serta satu buah filter press yang bekerja pada kondisi tekanan filter 300 bar yang berfungsi untuk menjernihan raw ekstrak buah-buahan seperti cokelat, strawberry, dan sirsak. 

Sentifuge 


Inside Bowl of Centifuge

     Masa supervisor in trainne habis kala itu dan saya harus presentasi dihadapan manager liquid extract, manager hrd, assisten manager hrd, dan staff hrd. Presentasi saya seharusnya pada bulan Juni karena lain hal baru dapat dilakukan bulan Oktober 2015. Sedikit cerita, produksi dibagian liquid extract memiliki mesin yang paling banyak dan canggih dibandingkan produksi bagian lain seperti SCC (Spinning Cone Coloumn), TVR (Thermal Vapour Recompression), empat buah ekstraktor tank dengan kapasitas besar, mixing tank pada bagian cosmetic line, sentrifuge, dan filter press. Hampir semua mesin sudah saya pahami karena saya mengikuti comissioning dan overhaulnya. Hanya mesin TVR yang belum saya kuasai benar.


SCC 1100

     Tidak kurang dari dua setengah tahun saya bekerja dibagian produksi karena mulai bulan Maret 2016 saya dimutasi ke bagian Improvement dengan jabatan yang dipercaya oleh Haldin sebagai Supervisor Process Specialist for Liquid Extraction, Liquid Packaging, and BIB. Kurang panjang apa coba, haha. Mudah-mudahan dengan posisi saya yang baru ini bisa bermanfaat buat saya sendiri dan Haldin tentunya. Semangat terus boi!     


0 comments:

Search This Blog